RSS

apalah artinya sebuah nama...

Bismillahirrohmanirrohiim.. 

Melihat kejadian yang memprihatinkanyang dialami teman-temanku, yang slalu kebingungan saat mencariku kayaknya perlu diadakan sebuah konfrensi pers deh.. *halah* 

Yang mana rata-rata temen yang aku kenal, kebanyakan teman berantai, artinya dia kenal aku dari temannya dan temannya temanya lagi.. Pokoknya gitulah, dan kebayakan klo kenal gitu kan pada sok kenal dan sok dekat..*pengalaman aku juga sih* jadi yaaa rata-rata taunya cuma panggilanku aja..ngak tau silsilah keluarga dan turun temurunnya *abaikan, gak penting*

Berhubung kesibukan yang padat, jd jarang sekali punya waktu buat nongkrong-nongkrong kayak teman2 yang lain..maka beralihlah daku ke dunia maya, yang waktunya lebih fleksibel, dan orang-orang yang ditemui berasa lebih banyak.. Bermula dari hobby nangkring  ∂i dunia maya itulah *miss chatting* banyak kejadian-kejadian konyol terjadi.. 

Zaman dahulu kala itu belum ada namanya FB, twitter dan sebangsanya.. Jadi dulu aku nyasarnya  ∂i Gamma land, singkat cerita gamma itu sprt FB sekarang lah, aku yang waktu itu masih lugu *lucu dan dungu* tiba-tiba nyasar  ∂i grup "sumatra" why? Yaaa tau sendirilah, pengen nyari temen yang dekat-dekat yg bisa disamperin untuk  ∂i culik..#eh (ʃ⌣ƪ)
Sebagai newbie  ∂i sumatra grup, daku jadi inceran. Why? Karena lugu nya itu, trus  ∂i gamma itu penduduknya lebih dominan cowok, ditambah foto profil waktu itu pake kerudung..*saat itu jarang sekali ditemui wanita berkerudung* Jadilah diuber-uber, untungnya disana kenal ama kakak-kakak yg baik, yg ngajarin seluk beluk berinteraksi  ∂i dunia maya, jadi disana aku dari newbie sampe akhirnya lulus ujian dan diangkat jadi translator, yang tugasnya bs merubah tampilan web dan smua design tampilan..pokoknya berasa punya sendirilah, jadi makin betah disana, apalagi teman-teman yang asik punya jd makin terkenal lah disana.  dan alhamdulillah sampe sekarang komunikasi msh tetap berlanjut meski kami digusur dari gamma.. *crying*

Waktu itu  ∂i gamma ngak ngerti buat bohong-bohong *tapi sering dibohongi karena lugunya*. Ngak kepikiran juga bikin nickname yang kece, taunya cuma "ai" karena apa? Ya itu panggilan aku, dan buat aku itu nama kesanyangan.. Krn "ai" itu dlm bahasa cina atau jepang itu artinya cinta.. *tsaaaah*
Jadilah smua orang panggilan aku "Ai" (bacanya buka "ay" tapi "a i") nah ditampah keisengan aku yang suka manggil orang dengan suka-suka aku..misal namanya udah keren2 "joshua" aku manggilnya jojo, atau namanya "erni" aku manggilnya senja, klo "shinta" aku manggilnya malah "tami" dan parahnya kak "putra" aku lebih suka manggilnya "mput" .ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮.. Pokoknya suka-suka aku banget.Maka aku juga mendapat panggilan yang suka-suka dari mereka.. *karma boooo'* 

Ada yang manggil "aina" artinya itu mata.. Karena katanya mata aku indah *ini fitnah banget* ada yang manggil "nana" karena saking childist nya.. *tau aja...hehe* dan ada yg suka manggil "aya" mbuh ini karena apa..sampe nyemplung  ∂i multiply tetap aja dikenalnya dengan nama "aya" Pokoknya tiap kakak2  ∂i sana pasti punya panggilan khusus buat aku..bahkan sampe sekarang, saat ketemu pun msh panggil nama itu, bahkan lupa kali nama aku sebenarnya siapa...ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮.. di kampus juga masih banyak yang manggil “Aya”

Lanjut ke FB malah semakin parah aja.. Berhubung waktu itu mau merubah image.. Gak pengen lagi  ∂i cap sebagai cewek cerdas, maka FB pertamaku namanya "ijah marijah" biar kesannya lbh ndeso.sorry ya jah bukan maksud mau jelekin yang namanya ijah *tsaaah* karena kebanyakan teman-teman dari gamma jg bikin FB pasca penggusuran, entah ini masih menggunakan nama yang sama atau pake nama baru lagi.
Tapi tetap yaaa.. Meskipun nama bisa berubah, tetap aja karakter seseorang ngak bisa  ∂i ubah *jedotin kepala* bahkan teman-teman gamma dengan gampang bisa menebak klo si “ijah” itu adalah aku. Dan akhirnya  si "ijah" pun masih bernasib sama. Masih banyak dikejar-kejar cowok-cowok iseng..padahal ngak pake foto sama sekali lho..Masih memiliki banyak teman..tapi lucunya teman-teman disana taunya namaku emang "ijah marijah" *syukuriiiin, kualat kan?* tapi ya ngak papa lah, apalah artinya sebuah nama yang pentingkan fisik dan otaknya *tsaaah* 

Pertengahan jalan, bosen dengan nama ijah, maka mulailah kembali ke habit, kembali ke nama “arsya nurani” nah buat teman-teman baru ada yang manggil "nur" ada yang manggil "sya" dan ada yang manggil "rani" yaa sama aja mah.. Terserah mereka lah yg penting mereka nyaman.. 

Lain  ∂i dunia maya, lain pula  ∂i dunia nyata.. Klo dirumah, dulu seluruh keluarga manggil aku "ayang" ngak ngerti sejarahnya, pokoknya dari kecil emang udah itu. dan ada kejadian memalukan zaman putih abu-abu, waktu itu naik angkot bareng teman-teman sekolah, kebetulan ada salah satu temannya abangku yang sering main ke rumah.. Karena dia taunya namaku "ayang" jadilah waktu itu dia nanya " mau kemana yang?" Mana ngomongnya banter, jd teman-temanku pada dengar dan menjadi tanda tanya besar buat mereka sambil  ∂iikuti tatapan tajam.. mereka bertanya "siapa cowok itu?? Kok dia panggil "yang"?? Waaah pokoknya jadi hebohlah.. Teman-temanku ngira cowok itu adalah pacarku *nangis guling-guling* 

Nyampe rumah aku protes dengan berurai air mata kepada smua penghuni rumah saking malunya..hahaha.. Pokoknya apapun alasannya aku ngak mau lagi dipanggil "yang" terkhusus buat abangku apalagi itu klo diluar. Pokoknya ngak mau lagi ada kesalah pahaman yang menurunkan pamor *tsaaaah* tapi apa mau dikata, nama "yang" itu udah melekat didiri ini sejak dahulu kala, maka akan sulit buat mereka merubah panggilan buatku.

Si abang klo ngajak jalan ke luar pasti udah kayak orang pacaran aja.. Gimana ngak? Wong manggil daku "yang", klo jalan aku suka digandeng, karena takut ilang atau nyasar karena adeknya ini pikun klo disuruh ngapalin jalan dan phobia keramaian,  ditambah tidak ada kemiripan wajah antara kami, maka lengkap lah sudah asumsi orang-orang mengatakan kami "pasangan serasi" hoeeek.. 

Akhirnya era memalukan itu bisa terselamatkan juga saat ponakanku tercinta bisa ngomong, dan saat itu aku ngak mau dipanggil "tante" apalagi dipanggil "ayang". Pokoknya apapun yg terjadi maunya dipanggil "bunda" *aleeeesaan*. Dan akhirnya demi menghormati pendidikan dirumah, smua orang dirumah harus manggil aku "bunda" lebih lengkapnya ponakanku manggilnya “Bunda cantik” ciiiieee..hehehe.. Dan parahnya para tetangga yang biasa manggil "ayang" sekarang juga manggil "bunda". Dan sialnya klo ngajak ponakan jalan-jalan ke taman kota malah dikira anakku.. *nyari jurang* 

Semakin hari semakin banyak terjadi transformasi..kakak-kakak aku suka mlesetin kata "bunda" menjadi "buntel" ini gegara aku suka manggil mereka "gendhut" .ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮.. Sejak melahirkan, badannya jadi melar, makanya aku suka manggil dia "ndhut".dan klo mereka lagi sebel dengan keisenganku mereka manggilnya “Kabun”.  Ngak tau deh ntu artinya apa, pokoknya masih plesetan dari kata “bunda” hahaha..
Tapi yang salut buat adek bungsu aku, yang konsisten ngak mau merubah panggilan "yang" hanya saja dimodifikasi ama dia.. Karena biasanya dia manggil aku "ni ayang" alias uni ayang, jadi disingkat ama dia "nay" maka buat teman-teman dia, taunya namaku "nay". Klo ketemu dijalan mereka pasti manggil aku “kak nay” *tepok jidat*  dan panggilan sayang buat adekku adalah “chim” tapi klo lagi sebel ama dia berubah jadi “chimpui” hehehhe padahal mah nama aslinya “Suci” 

Lain  ∂i rumah, maka lain pula  ∂i kantor. Klo dikantor mereka lebih populer manggil aku "zie" ini mah panjang banget ceritanya..trus juga ada beberapa teman yang manggil aku “zizi” gegara abis liat film "dalam mihrab cinta" mereka mencap karakter dan foto aku itu mirip banget ama tokoh zizi dlm film itu. *fitnah banget ini* Dan parahnya anak-anak baru yang baru bergabung tau nya namaku juga "zi" padahal ngak ngerti silsilahnya gimana. Yaaa jadilah gitu.. 

Klo  ∂i pengajian maka jadi lebih parah lagi.. Smua orang punya nama hijrah.. Aku yang udah bosen dengan kebanyakan nama sebenernya gak mau pake nama-nama hijrah.. Tapi ape mau dikate, aturan dalam organisasi.. Maka dengan sangat terpaksa maka harus nerima juga nama pemberian dari sang guru alias musryfa, aku dikasi namanya "fathiya" katanya itu mewakili kepribadian aku yang ceria dan cerdas *tsaaah*  jadi yaaa jangan heran klo  ∂i sana orang lebih mengenal aku dengan nama itu.. Jadi buat adek-adek yang baru bergabung, taunya namaku ya "fathiya" atau “kak Tya” bukan yang lainnya.. Klo ada yg nyari aku dengan nama "arsya" atau "ai" dijamin ngak bakal ada yg tau.. 

Belum lagi teman-teman aku yang suka usil, malah suka manggil aku “udin” why? Karena saking pengennya mereka melihat aku bisa bersikap “romantic” dan “feminim” jadi awalnya itu mangginya “dinda”ku alias adinda.. tapi berhubung aku suka iseng klo dipanggil “dinda” maka diplesetin jadi “udin” sama mereka *lempar granat ke mereka* belum lagi temen-temen cewek aku yang udah deket, manggilnya suka pake kata “jeng” udah kayak ibuk-ibuk arisan aja, ngak tau mereka dapat ide darimana itu, akhirnya biar deal aku juga manggil mereka “jeng” dan klo mau lengkapnya aku manggilnya “jengkelin” hehehehe..

Nah yang bingung itu buat orang-orang dirumah.. Kasian, baik itu ibu kost maupun ibu kandung sendiri atau keluarga dirumah, klo ada yang datang ke rumah nyariin aku.. Jadi bingung.. Karena ngak ngerasa kenal dengan nama itu.. .ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮.. Jangankan mereka, aku juga suka bingung mau ngenalin nama aku siapa buat yang baru aku kenal..
Jadi saran aku nih yaaa.. lain kali klo mau nyari aku dirumah atau di kost bawa foto aja yaa.. Nyari kayak orang-orang hilang gitu lah.. "Buk kenal dgn orang yang difoto ini ngak?? Aku rasa cara itu akan lebih baik ĤëĤëĤë...(•ˆˆ•)‎​ ..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Followers